USTADZ SENIOR AKHIRNYA MAU NIKAH JUGA



Kamis, 07/11/2013

Assalam Pos, Surade – Pernikahan merupakan suatu perkara yang sangat besar, karena dikatakan demikian ia merupakan sesuatu menghalalkan yang aslanya haram. Salah satu tujuan daripada pernikahan itu sendiri untuk memenuhi tuntunan manusia yang asasi. Hari rabu, 06/11/2013 ustdaz Endin Najarudin, S.Ag (41) putra kelahiran Sukabumi 16 Peruari 1973 salah satu ustadz senior di Pondok Modern Assalam Sukabumi itu telah melangsungkan pernikahannya dengan Nurlela (36) seorang janda dari satu anak asal daerah Surade, Jamapang Kulon, Sukabumi, Jawa Barat.

“Ustadz Endin satu angkatan dengan saya, angkatan ketiga di pondok Modern Assalam Sukabumi” Ujar ustadz Ridwan Sartono, S.Ag staf Language Advisory Council (LAC) Pondok Modern Assalam Sukabumi saat diwawancarai oleh wartawan Assalam Pos, 06/11/2013 kemarin sore.

Ustadz Endin Najaruddin adalah salah satu alumni Pondok Modern Assalam Sukabumi angkatan ketiga bersama Ustadz Ridwan Sartono, S.Ag. Keseharian aktifitasnya adalah sebagai staf pengajar di Pondok Modern Assalam Sukabumi Jawa Barat, kini sudah genap 20 tahun mengabdikan dirinya untuk pondok dari semenjak menjadi alumni.

Dalam acara resepsi pernikahannya dihadiri oleh bapak pimpinan Pondok Modern Assalam Sukabumi ustadz. Encep hadiana, M.Si, beserta para setaf pengajar santri yang juga ikut serta mendo’akan kedua belah mempelai.

Muhammad Ridha staf pengajar di Pondok Modern Assalam Sukabumi yang juga ikut menghadiri acara resepsi pernikahannya mengatakan kepada wartawan Assalam Pos “saya ikut acara tersebut karena saya menjadi sopir pribadi bapak pimpinan Assalam, serta dari dewan guru senior yang ikut menghadiri adalah Ustadz Mahfudz Ja’far,M.Pd, Ustadz, Nana Utam, S.Ag, usatadz Suparman, S.E, ustadz Hajaruddin, dan lain-lainnya, adapun dari dewan guru juniornya adalah saya sendiri dan Shaleh”.

Seiring dengan tuntutan kebutuhan, akhirnya sang ustdz senior itu mau juga menikah, dan juga termasuk paling lama masa lajangnya di Assalam, setelah ustdaz. Dawami, S.Pd.I dan Ustadz. Yunus yang menikah pada usianya yang hampir mendekati 40 tahun. Akhirnya, kini tidak ada lagi ustadz senior di pondok Modern Assalam Sukabumi yang belum menikah.

“Tanggapan dari para dewan guru pun terhadap pernikahannya tersebut sangat postif, bahkan sangat didukung dan sering disinggung sesekali dalam perkumpulan dewan guru agar segera melepaskan masa lajangnya yang begitu panjang, dan apa sulitnya akad nikah yang hanya lima menit” Ujar Muhammad Ridha saat diwawancari oleh wartawan Assalam Pos 07/11/2013.

Meski, sang ustadz senior tersebut menikahi seorang janda satu anak, tapi tetap saja menerima kenyataan yang telah ditentukan. Sebenarnya, beliau itu ingin sekali menikah hanya saja belum menemukan pasangan yang cocok dengannya. Sekarang telah tiba saat diamana menemukan pasangan yang cocok untuknya, dan diharapakan untuk kedepannya bisa menjalani hubungan rumah tangga yang romantis. ed. Rizqi Fauzi Yasin
Baca Selengkapnya...

RATAPAN CINTA DIBALIK SEMUA KESEDIAHAN KU


Senin, 18/11/2013

Mendaki gunung, melewati lembah, menerjang ombak, mengantam badai. selama ini aku tak kuasa menghadapi rintangan yang menghampiri diri, tak terkeculai dikekang rasa kebencian, kemalasan, kesedihan jiwa raga .
Baca Selengkapnya...

ASSALAM KAMPUNG DAMAI

Pondok Modern Assalam terletak di desa Cibodas, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten  Sukabumi, Jawa Barat. Pada tahun 1968 Pondok Modern Assalam mulai berdiri yang dipelopori oleh Ir. Lukman Herawan (Alumni Gontor : 1965) Namun manusia hanya bisa berencana Allah jualah yang menentukan, begitu juga dengan Pondok Moden Assalam ketika itu, baru saja berjalan beberapa hari kurang dan lebihnya 15 hari, Assalam telah mengukir sejarah pahit dengan tinta emas, yaitu wafatnya Ir. Lukamn Herawan putra sulung dari KH. Abdurrahman dengan beberapa lubang peluruh di tubuhnya dari sebuah pistol yang ditembakkan oleh perampok yang memasuki rumah beliau, sehingga pondok mengalami kevakuman untuk beberapa dekade. Akhirnya nama beliau diabadikan menjadi nama sebuah bangunan yang sekarang dihuni oleh santrian " Darul Lukman" namanya. Walau beliau telah wafat tetapi cahayaar dan ruhul jihadnya masih terasa hangat untuk menumbuh kembangkan pesantren.

Akhirnya ayahanda dari Ir. Luman Herawan ( KH. Abdurrahman) bertekad untuk membangun kembali pesantren yang telah mengalami stagnasi saat itu. Hingga pada tahun 1982 Pak. Haji Abdurrahman melakukan revolusi besar-besaran yang mencakut 3 aspek :
  1. Menambah Kader
  2. Menambah bangunan
  3. Menambah Kekayaan
Setelah melakukan revolusi dari berbagai aspek, akhirnya pada tahun 1983 pesantren dibuka kembali dengan jumlah santri 30 orang, mereka semua adalah anak yatim yang kehidupannya di pesantren tidak dibebani biaya apapun sampai mereka menyelesaikan studinya di pesantren. Hingga saat ini Pondok Assalam berdiri tegak dengan memegang teguh keyakinnya "Diatas dan untuk semua golongan". Dengan jenjang pendidikan 6 tahun untuk tamatan SD dan 4 tahun untuk tamatan SLTP/ Tsanawiyyah. Yang meliputi 3 kurikulum :
  1. Kurikulum Gontor
  2. Kurikulim Nasional
  3. Kurikulum Salafiyah
Sehingga membuka harapan besar untuk melahirkan ulama yang kognitif berafektif dan berpsikomotorik ideal, berbudaya, berperadaban, yang senantiasa konsisten terhadap Aqidah Islam dan Panca Jiwa Pondoknya.
Baca Selengkapnya...

PERSIAPAN YANG PENTING DALAM MENGHADAPI UJIAN

  • Persiapan Fisik
Didalam melaksanakan ujian banyak sekali mengunakan pikiran untuk menjawab soal-soal ujian dan diperlukan pula bekonsentrasi. Oleh sebab itu, untuk menjaga tubuh sangatlah perlu persiapan fisik diantaranya dengan metode olah raga.
  •  Persiapan Mental
Banyak peserta ujian yang memiliki perasaan khawatir tidak sukses dan cemas. Oleh sebab itu, sangatlah penting bagi setiap peserta ujian ujian untuk memiliki mental yang kuat sebab percuma seseorang memiliki kepintaran kalau tanpa dibarengi dengan mental.

  • Persiapan Yang Matang Dalam Belajar
Sebelum menghadapi ujian kita harus mempunyai persiapan yang sangat matang, sebab dengan persiapan yang matang akan membuat kita mudah dalam menjawab soal-soal yang diujikan.

By: Rizqi Fauzi Yasin. Santri Kelas 4 Pondok Modern Assalam Sukabumi tahun 2006

Baca Selengkapnya...

METODE JITU MENGHADAPI UJIAN

Segala sesuatu haruslah disertai dengan persiapan yang sangat matang termasuk apabila kita akan menghadapi ujian maka haruslah bagi kita untuk mempersiapkannya dengan lebih matang  (emang buah) pepatah mengatakan " sedia payung sebalum hujan" maksud dari tujuan pepatah tersebut adalah segala sesuatu yang bentuknya aktivitivitas maka sangatlah perlu dipersiapkan terlebih dahulu sebelum melakukan aktivitas tersebut sebab suatu aktivitas tidak akan berjalan sukses atau baik apabila tidak ada pesiapan yang matang, termasuk diantanya ujian. Apabila ujian tersebut tidak dipersiapkan dengan matang maka akan  menghasilkan hasil yang sangat buruk atau tidak sukses.

Salah satu tujuan diadakan ujian-ujian adalah untuk mengukur sejauh mana daya serap kita selama mengikuti pembelajaran di kelas. Maka konsekwensi dari itu semua haruslah dibarengi dengan usaha yaitu berupa belajar dengan giat sebelum menghadapi ujian ujian. Tapi ingat, belajar bukan ujian but ujianlah yang dijadikan barometer dalam mengukur kemampuan kita. Maka apabila kita telah mengoptimalkan segala usaha kita demi kelancaran dalam menghadapi ujian, insyaallah kita akan mendapatkan yang terbai, andai saja kita gagal, jangan besedih hati karena kita telah berusaha, dan usaha itu yang berbarga bagi diri kita kalau kiat mengambil hikmah atas kegagalan kita pada saat itu. Kepada yang telah mengatur kita siang dan malam yaitu dengan cara berdo'a, dan do'a ini merupakan senjata orang mukmin sebagaimana diaktakan dalam hadits Rosulullah SAW.
اَلدُّعَاءُ سِلاَحُ المُؤْمِنِينَ 
Ada baiknya apabila kita akan menghadapi ujian untuk selalu memperbanyak berdo'a kepada sang pencipta segala sesuatu dan memohon atau meminta segala apa-apa yang kita butuhkan untuk menghadapi ujian diantanya memohon agar selalu disehatkan selama melaksanakan ujian, dilancarkan  didalam melaksanakan ujian, disukseskan dan lain-lainnya. Amin...

Dan yang lebih penting lagi untuk menghadapi ujian adalah adanya sifat kesadaran disetiapdiri kita bahwa belajar bukan untuk ujian tapi ujian untuk belajar, konsepi ini sangatlah sering kita dengar setiap kita akan menghadapi ujian. Namun, kebanyakan diantra kita belum memahami, menyadari dan merealisasikan daripada konsepsi tersebut maka nisacaya apabila kita telah memahami dan menyadarinya akan terjadinya keburukan nilai suatu pelajaran yang kita dapatkan. Oleh karena itu, kesadaran sangatlah dibutuhkan oleh setiap individu yang hidup dimauka bumi ini. Segala aktivitas sangatlah penting dibarengi dengan adanya sifat kesadaran diantaranya dalam menghadapi ujian.

Janganlah sekali-kali kita menyia-nyiakan waktu-waktu kita untuk dipergunakn dengan sesutu yang tidak ada manfaatnya seperti untuk melakukan maksiat sebab waktu adalah bagaikan pedang maka apabila kita tidak bisa mempergunakan waktu dengan baik seakan-akan waktu itu memotong kita jadi sangatlah penting bagi setiap individu untuk memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin dan bagi kita sangatlah penting apabila kiata akan menghadapi ujian untuk memanfaatkan waktu itu untuk belajar dengan giat.

Oleh sebab itu, sudah menjadi kewajiban bagi para peserta ujian untuk merenovasi diri sendiri dan menyadari bahwa " belajar bukan untuk ujian tapi ujian untuk belajar" sebelum kita menghadapi ujian sebab ingatlah saudara penyesalan bukan diawal sebelum kita melakukannya akan tetapi penyesalan diakhir atau sesudah melakukannya.

By : Rizqi Fauzi Yasin kelas 4 Pondok Moden Assalam Sukabumi 2006

Baca Selengkapnya...

RESENSI BUKU

Di Saat Mata Menetes Diatas Pipi Kita, Di saat Itu Pulalah Kita Rubah Air Mata Itu Menjadi Butiran-Butiran Permata


Judul         : Yaa Allah Tolong Aku
Penulis      : A.K
Penerbit    : PT Elwx Media Komputindo
Cetakan    : Cetakan pertama Meret 2010
                   Cetakan Kedua Mei 2010
                   Cetakan ketiga Agustus 2010
                   Cetakan Keempat September 2010


Buku ini ditulis sejak 13 tahun yang lalu saat penulis ditimpa masalah yang begitu berat dan seolah-olah tidak ada jalan keluarnya. "membaca" itulah hal pertama yang dilakukan penulis untuk mengibati lukanya dan melepaskan diri dari belenggu yang menimpanya. Namun berbagai buku yang ia baca belum bisa mengobati lukanya. Akhirnya penulis merangkai kata-kata mengenai penglaman hidupnya yang mampu menyejukkan hati dan pikirannya.

" Yaa Allah tolong aku" Itulah judul buku yang yang merupakan hasil dari karangannya (pengalaman hidup) yang tersimpan kata-kata yang dapat menyejukkan hatinya. Selain itu didalah buku ini dibentengi dengan ayat-ayat suci al-qur'an dan hadits yang membuat kita semakin yakin untuk bisa melawan perihnya kehidupan.

Jadi, bacalah buku ini. Semoga disaat anda membacanya kita bisa tergugah dari luka yang menimpa diri kita. " Jangan bersedih!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! 
Life is easy, don't take it hard (By: @)
Baca Selengkapnya...

TABASUM

KAKI SERIBU

Pada suatu malam ada dua orang anak yang lagi bermain tebak-tebakkan mau tahu, kita intip yuk!

 Ruday : "Eh cong, ana punya tebak-tebakan nich pengen tahu nggak?

Acong : " Ya udah apa soalnya pasti ana jawab".

Ruday : " Kalau hewan semunya sekolah, hewan apa yang suka terlambat?"

Acong: "Ah itu mah gampang"!

Ruday :" Ayo cepat Jawab "

Acong: " Jawabanya pasti kura-kura"

Ruday: " Wah, loe salah bahlul, yang bener hewan kaki seribu tahu"

Acong: " Why?"

Ruday: " Because kaki seribu kalau make sepatunya kelamaan"

BY : LINEXT

PREMAN DAN NENEK

Pada suatu hari ada seorang nenek yangh sudah tua sekali, ceritanya si nenek mau pergi ke bank untuk ngambil uang setelah mengambil uang di bank, si nenek dicegat sama dua orang preman

Preman : "Nek.......! Sayang harta sayang nyawa"?

Nenek : "(Terdiam tidak menjawab)"

Preman : " Hei Nek! Sayang harta sayang nyawa.....?..." (Sambil menyodorkan Pisau ke arah nenek)

Nenek : " Sambil tersenyum nenekpun berkata " Sayang kamuuuuu.....!"

Preman : "Tolong............! ' ( Sambil lari ketakutan)"

BY : DEDE. M 3 Exp

ORANG UTAN

Saat liburan sekolah Lucy dan Aji pergi ke kebun binatang, disana mereka main tebak-tebakan:

Lucy : " Hei tahu nggak ji, siapa orang terseksi di dunia

Aji : " yaa, itu mah semua orang juga tahu"

Lucy : "Emangnya siapa?"

Aji : " Ya pasti britney Spears dong"

Lucy : " Salah, Jawabannya ya orang utan"

Aji: " Kok Orang utan?"

Lucy : " Soalnya Orang utan kan sering telanjang dan jarang ada yang pakai baju itu kan seksi namanya"

Aji : " Iya juga ya!"

By : Carolyn 2B
Baca Selengkapnya...

PENERIMAAN SANTRI BARU PONDOK MODERN ASSALAM SUKABUMI 2012-2013


YAYASAN BADAN WAKAF
PONDOK MODERN ASSALAM
MENERIMA SANTRI BARU PUTRA & PUTRI
TAHUN PELAJARAN 2012-2013


Visi :

 Menjadi lembaga pendidikan yang islami dan modern
 

Misi :

·         Mempersiapkan generasi muslim yang berkualitas, bibit unggul, cepet waktu, raos didahar, dan mahal dijual

·         Mendidik dan membina generasi muslim yang berkualitas serta berkepribadian Panca Jiwa Pondok Modern

·         Ikut serta melaksanakan dan mensukseskan program pemerintah dalam mencerdaskan bangsa

Tujuan :

·         Menghasilkan generasi yang beriman, bertaqwa dan berakhlaqul karimah.

·         Menggali Potensi dan meningkatkan kemampuan santri sesuai dengan perkembangan IPTEK

·         Mewujudkan efisiensi dan efektifitas proses belajar mengajar (PBM) dalam rangka mencapai prestasi akademis yang optimal

·         Meningkatkan sarana dan prasarana representative

MOTTO :

Berbudi Tinggi

Berbadan Sehat

Berpengetahuan Luas

Berpikiran Bebas

Sekretariat :

Kp. Situ Cibodas RT. 15/04 Desa Cibodas Bojonggenteng,Sukabumi 43353 Jawa Barat

Telp. (0266) 533 638, Fax. (0266) 654 2948, email : assalam_smi @yahoo.com

Website : http//www.ppm-assalamsmi.sch.id

SELAYANG PANDANG

Pondok Modern Assalam adalah lembaga pendidikan islam yang dirintis sejak tahun 1968 oleh K. Lukman Herawan dan KH. Abdurrahman (ayahanda). Pada tahun 1983 berdiri diatas tanah wakaf KH. Abdurrohman yang berlokasi  di Kampung Situ Cibodas, Desa Cibodas, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi, mengembangkan ilmu pengetahuan dalam aspek pendidikan yang menekankan pembentukan generasi muda Islam yang handal dan berkualitas.

Perpaduan yang sinergik dan harmonis antara kurikulum Pondok Modern Gontor dan Kurikulum Nasional yang diharapkan mampu melahirkan ulama yang berkognitif bereaktif, berpsikomotorik, ideal, berbudaya, berperadaban, konsisten terhadap Aqidah dan Syariat Islam, serta Panca Jiwa Pondok

PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN

Sistem pendidikan dan pengajaran yang dilaksanakan adalah Tarbiyah al-Mu’allimin wa al-Mu’allimat al-Islamiyah (TMI) yaitu lembaga pendidikan santri dengan materi Dirosah al_Islamiyah (Qur’an, Hadits Fiqih, Tauhid, Tafsir, Mushtolah Hadits, Tarikh Islam, Mahfudzat, Tajwid)

Dirosah  al-Lughah al-Arobiyah (Tamrin al-Lughah, Imla’, Nahwu, Sorf, Tarikh Adab, Balaghah, Mantiq).

Dirosah al-Ulum al-Kauniyah (Bahasa Indonesia, English, Grammar, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Sejarah, Ekonomi, Geografi, Berhitung, PKn

JENJANG PENDIDIKAN

Ada dua jenjang pendidikan yang harus ditempuh para santri :

1.  Reguler     : Berlangsung 6 tahun tamatan SD/MI dan yang sederajat

2.  Intensif     : Berlangsung 4 tahun bagi tamatan SMP/MTs dan yang sederajat.

SANTRI

Datang dari berbagai daerah di Nusantara yang sampai saat ini berjumlah 850 santri.

Alumni yang melanjutkan studinya tersebar di PTN/PTS dalam maupun luar negeri antara lain :

UIN, ITB, UI, UGM, IPB, UNPAD, UPI, UNIKOM, ITTELKOM, TRISAKTI, UNPAK, UNIDA, UII, UIKA, LIPIA, UNJANI, UNISBA, STIKes, STAI, Universitas Antar Bangsa, Al-Azhar Cairo, Madinah University, Yaman University, dll

AKTIFITAS SANTRI

Aktifitas santri dibimbing dan dibina oleh para guru dan pengurus Organisasi dilingkungan kampus Assalam dalam dua kategori Ko Kurikuler & Ekstra Kurikuler

1.     Ko Kurikuler

·      Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)

·      Pengajian Kutub Al-Turats, Tafsir, Hadits, Tauhid, Fiqih, dan Al-Akhlaq

·      Pembinaan baca tulis Al-Qur’an

2.     Ekstra Kurikuler

·      Organisasi Pelajar Pondok Modern Assalam

·      Koordinator Gerakan Pramuka Gugus Depan Pangkalan PM. Assalam

·      Pendidikan Olahraga (Sepak Bola, Bola Volly, Bola Basket, Tenis Meja, Bulu Tangkis , Takraw, Futsal , Senam Lantai, Karate, Silat "Tapak Suci").

·      Pendidikan Kesenian ( Letter, Kaligrafi, Taether, Nasyid, Qosyidah, Marawis, Marching Band).

·      Pendidikan Keterampilan (Komputer, Merangkai Bunga, Janur, Menjahit, Tata Boga, Sablon,  Menjilid).

·      Latihan Berorasi (muhadhoroh) 3 Bahasa: Arab, Inggris, Indonesia.

·      Workshop

·      Managemen, Juirnalistik, Koprasi, Karya ilmiah, Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Latihan TKA/TPA, Dan Seminar Mudzakarah.

FASILITAS

·         Asrama

·         Ruang Belajar

·         Masjid

·         Perpustakaan

·         Laboratorium Ipa, Komputer, dan Bahasa

·         Sarana Olharaga : Sepak Bola, Bola Volly, Bola Basket, Tenis Meja, Bulu Tangkis , Takraw, dll.

·         Sarana Kesenian : Qosyidah, Marawis, Band, Marching Band, Sanggar Kaligrafi, Sanggar teather, dll.

·         Audiotorium ( Balai Pertemuan Pondok Modern Assalam.

·         Kopontren.

·         Air Mineral.

·         Konveksi.

·         BMT.

(Semua fasilitas di atas terpisah antara putera dan puteri)

PENERIMAAN SANTRI BARU
Persyaratan:

Mengisi Formulir Pendaftaran dengan menyertakan

1.        2 lembar photo copy ijazah SD/MI atau SMP/MTs atau sederajat yang sudah di legalisir.

2.        2 lembar photo copy SKHUN

3.        2 lembar photo copy UASBN

4.        SKKB> NISN dan photo copy rapor dari sekolah asal

5.        Surat Keterangan Sehat Dari Dokter

6.        Santri datang langsung ke Pondok Modern Assalam

KETENTUAN UMUM

1.     Calon Santriawati wajib berbusana muslimah.

2.     Bersedia mengikuti program pendidikan yang telah di tetapkan.

3.     Sanggup mingikuti disiplin dan sunah Pondok Modern Assalam.

4.     Sanggup bermukim di Kapus selama mengikuti pendidikdn di Pondok Modern Assalam.

5.     Lulus tes masuk ( lisan dan tulis)

6.     Wajib bermukim pada tanggal 07-08 Juli juli 2012

Nb.   

1.    Administrasi dapat berubah sewaktu-waktu.

2.    Perlengkapan wajib di beli di Pondok Modern Assalam.

 WAKTU PENDAFTARAN

Tanggal 01 Mei- 08 Juli 2012 dan Calon santri wajib datang pada tanggal 07-08 Juli 2012

Keterangan :
Reguler = Program 6 tahun untuk tamatan SD/MI/Sederajat

Intensif = Program 4 tahun untuk tamatan SMP/MTs/Sederajat      

Contact person :
Ust. Aden Supyandi      :085310111448
Ust. Taufik Ismail          :087748240005
Ust. Iyus Ruhsyamsi      :085624155111

Bersumber dari:  http://ppm-assalamsmi.sch.id/html/index.php?id=berita&kode=3


REKAPITULASI KEUANGAN SANTRI BARU
PONDOK MODERN ASSALAM
TAHUN AJARAN 2012-2013
PERINCIAN
2012-2013
A
Pendaftaran
 Rp         170.000

Infaq Wajib
 Rp      1.000.000
B
Keuangan Tahunan

1
Ujian Pondok
 Rp         175.000

2
Lab. Komputer
 Rp         150.000

3
Lab. Bahasa
 Rp         100.000

4
Lab. IPA
 Rp           40.000

5
Perpustakaan
 Rp           40.000

6
Kutbatul 'Arsy
 Rp           50.000

7
Kebersihan dan kesehatan
 Rp         180.000

8
Pemeliharaan Gedung
 Rp         200.000

9
Pemeliharaan Air Bersih
 Rp           50.000
C
Keuangan Bulanan

1
Makan
 Rp         375.000

2
SPP
 Rp         100.000
D
Perlengkapan

1
Kasur
 Rp         225.000

2
Lemari
 Rp         325.000

3
Seragam



a. Sekolah
 Rp         140.000


b. Pramuka
 Rp         140.000

6
Buku Paket Pondok (Reguler)
 Rp         130.000

7
Buku Paket Umum (Reguler)
 Rp         420.000

8
Buku Paket Pondok (Intensif)
 Rp         265.000
TOTAL PROGRAM 6 TAHUN
 Rp     4.010.000
TOTAL PROGRAM 4 TAHUN
 Rp     3.725.000
                        



Baca Selengkapnya...

NAPAK TILAS MASA LALU

"Belajar dari masa lalu jangan hidup didalamnya" . Salah satu jenis keterampilan hidup yang paling mendasar adalah pengenalan diri. Hanya dengan mengenal diri kita, masa lalu kita, masa kini kita, dan impian masa depan kita, kita bisa mengerjakan dan menghasilkan yang terbaik dalam hidup.

Terlalu banyak diantara kita merasa kecil hati dan rendah diri, seolah-olah bukan siapa-siapa. Padahal, setiap kita adalah spesial. setiap kita memiliki potensi besar untuk sukses dan berhasil. Asal saja kita mau secara serius mengenal potensi diri kita yang sesungguhnya. Setiap kita adalah unik. Kombinasi dari garis keturunan, pengalaman masa lalu, dan lingkungan menjadikan kita tidak memiliki kesamaan dengan siapapun juga. Bahkan bagi yang kembar sekalipun memilki keunikan.

Artikel ini adalah suntikan bagi diri anda untuk terus melakukan pencarian tentang identitas diri anda yang sesungguhnya, yang dimulai dengan mengenali masa lalu, dalam pengertian agar anda bisa mengenal diri anda apa adanya. Diharapkan kemudian anda bisa mempertahankan atau meningkatkan hal-hal yang baik dari diri anda, meningkatkan yang masih kurang, menyempurnakan yang masih belum sempurna, dan memperbaiki yang masih keliru-keliru.

Tidak sedikit orang yang menemukan bahwa orang taunyalah yang lebih berpengaruh dalam hidup mereka. Ada juga yang justru terinspirasi dari guru atau bacaan mereka. Anda juga bisa menemukan siapa diri anda.

Yang penting dilakukan adalah dengan cara terus terang dan tulus membedah masa lalu anda. Ceritakan dengan jujur masa kecil anda, pendidikan anda, buku yang berpengaruh dalam hidup anda, hobi dan prestasi anda, bahkan kegagalan anda.

dengan melakukan flashback  ke masa lalu, anda akan lebih mengenal diri anda, mengetahui di mana anda berada masa kini, dan seterusnya siap untuk merancang masa depan anda. Bayangkanlah masa kecil anda lalu jawablah pertanyaan yang muncul dalam benak anda. Berikanlah penekanan pada pertanyaan yang anda anggap paling penting dan paling berpengaruh dalam hidup anda.

By: Sugih
Baca Selengkapnya...

SEPUTAR KEGIATAN AKHIR KELAS VI PONDOK MODERN ASSALAM SUKABUMI

 Oleh : Ust. Drs. Makhfud Ja'far MP,d


Kelas VI merupakan kelas tertinggi dan eksklusif serta figur bagi adik-adiknya, mereka menjadi teladan dan pembimbing sekaligus penggerak bagi roda-roda kehidupan adik kelasnya. Maju mundurnya kegiatan berorganisasi tergantung pada mereka, dibawah pengasuahn dan para guru dan para pimpinan Pondok Modern Assalam. Namun setelah pergantian pengurus Organisasi Pelajar Pondok Modern Assalam, mereka mulai dibenahi berbagai kegiatan kemasyarakatan seperti praktek imamah,khutbah jum'at, praktek mengajar, bahsul kutub, penyusunan makalah ilmiah, perjalanan rihlah iqtishodiyyah dsb. Itu semua diberikan, agar sebelum mereka terjun ke medan perjuangan dan pengabdian, mereka telah memiliki mental dan skil yang cukup untuk berbakti kepada masyarakat, baik di lembaga formal, non formal maupun Bitul Mal Wa Tanwil (BMT). Disamping pembenahan kemasyarakatan, secara akademis mereka disertakan untuk mengikuti Ujian Akhir Nasional dan Ujian Akhir Sekolah serta Ujian Akhir Pondok, hal ini dilakukan agar mereka memiliki konsultasi kognitif, afektif dan psikomotor secara seimbang, dengan harapan mereka berpeluang untuk melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang yang lebih tinggi yaitu program strata sesuai jurusan yang mereka kehendaki, dan sesuai kemampuan materi yang orang tua mereka miliki. Sehingga dengan demikian mereka bebas untuk menentukan aspirasi dan cita-cita yang mereka idam-idamkan.

Namun bagi mereka yang tidak berkesempatan untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, mereka tetap konsisten dalam pengabdian kemasyarakatan, dengan mengaplikasikan segala potensinya guna membian masyarakat, agar terwujud suatu kehidupan yang islami, kondusif dan berperadaban yang mulia serta tekun dalam berwira wasta untuk menyongsong masa depan yang lebih baik. Menjelang akhir kegiatan kelas enam, mereka disibukkan dengan berbagai persiapan yang cukup melelahkan baik secara materil maupun spiritual terutama persiapan khutbatul wada', yudisium dan perpisahan, sebab perpisahan ini guru hanya sekedar mengarahkan dan mendorong mereka secara teori dan global, adapun penyelesaian secara rinci dan prakteknya diserahkan kepada mereka masing-masing, dengan demikian mereka dituntut untuk lebih konsentrasi, aspiratif dan parsitiatifatif yang lebih tinggi, sehingga terwujud hasil yang maksimal, terbentuk persatuan dan kesatuan yang kuat, dan ukhuwah islamiyyah yang harmonis.

Khusus persiapan menjelang yudisium, mereka dihantui dengan rasa was-was yang tidak menent, dan rasa sedih dan gembira sambil meratap, khawatir tidak lulus hasil ujiannya. Namun setelah menerima kertas pengumuman hasil ujian dan tempat pengabdian, hati mereka terasa lega dan penuh keheranan. Lebih heboh lagi persiapan menjelang perpisahan mereka, mereka sering bergadang dan berkumpul bersama dalam mendisain panggung dan menyusun lagu-lagu perpisahan, guna mengekpresikan kata hati mereka yang terakhir dan ucapan-ucapan trimakasih kepada pimpinan, dan ucapan-ucapan trimakasih pada para asatidz dan ustadzat. Sehingga pada acara akhir mereka, diadakan acara musafahah diantara mereka, kemudian kepada pimpinan, para asatidz dan ustadzat dengan disertai cucuran dan linangan air mata dan jeritan keharuan dan bersahaja serta saling berangkulan. Demikianlah kisah seputar kegiatan akhir kelas enam, semoga mereka menjadi alumni yang sholihin dan sholihat, memiliki mental skil yang bermartabat dan berakhlakulkarimah berguana bagi keluarga, masyarakat, nusa dan bangsa, tetap berpegang teguh pada jiwa dan motto Pondok Modern Assalam serta menjadi perekat ummat sedunia. Amin, selamat berjuang anak-anakku ! semoga Allah SWT senantiasa meridhai dan memberiakan segala niat baikmu.
Baca Selengkapnya...